Mantan Pacar, Sebaiknya Lupakan Saja

Sumber :

VIVAnews - Sebuah relationship tidak sepenuhnya berjalan langgeng. Putusnya hubungan emosional pasangan terkadang menjadi hal yang harus dilalui.

Kalau sudah begini, bagaimana sebaiknya? Banyak psikolog yang berpendapat, sesuatu yang sudah Anda relakan untuk dilepas sebaiknya itu tidak perlu "dijamah" atau dikenang.

Bukan saja, akan menjadi penyakit hati yang akan mempengaruhi kejiwaan Anda. Tapi, kenangan menyakitkan akan selalu menghantui. Niscaya, hidup makin tidak tenang.

Terlebih lagi Anda pernah menjalin hubungan spesial dengan seseorang namun gagal menuju pernikahan.

Jangan terjebak dalam keadaan yang menyulitkan Anda. Mengingat mantan pacar, menyendiri dan berlarut-larut hanyut dalam keadaan ini tentunya hal yang sangat negatif bagi Anda.

Lalu bagaimana caranya melupakan.

1. Haram curhat dengan mantan pacar. Cobalah untuk curhat serta tumpahkan berbagai perasaan dan kesedihan karena itu kepada sahabat atau anggota keluarga yang dekat dengan Anda.

Sebab dengan curhat dengan mantan pacar kenangan pahit bersamanya akan kembali terkenang. Belum tentu curhat dengan mantan pacar itu bisa menyelesaikan masalah. Atau masalahnya akan bertambah.

2. Jangan coba-coba untuk kembali menghubungi mantan pacar Anda, baik lewat telepon, SMS, chatting maupun e-mail. Sebaliknya abaikan juga semua telepon, SMS, chatting dan e-mail darinya. Sangat tidak adil jika Anda masih mengirim SMS kepada mantan, sementara Anda sudah memiliki orang yang sangat Anda kasihi.

3. Buang semua barang, foto atau hal-hal yang bisa mengingatkan Anda pada mantan termasuk benda-benda yang pernah ia berikan untuk Anda.
Ketika benda itu masih melekat, Anda akan mengingatnya terus.

4. Hapus mantan Anda dari facebook, friendster atau situs jejaring sosial Anda. Bukannya apa, semua kegiatan Anda yang ditampilkan akan selalu terlihat oleh mantan Anda. Bukan tidak mungkin, Anda akan memberkan komentar di situs mantan dan inilah yang menjadi bibit yang tidak baik bagi Anda.

5. Rekreasi dan bersenang-senanglah. Ajak teman, sahabat atau keluarga Anda. Usahakan untuk tidak datang ke tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi bersama mantan pacar Anda. Sebab hal ini justru bisa membuat Anda kembali teringat padanya.

6. Mungkin saat ini adalah yang tepat untuk kembali membina hubungan yang baru. Tidak ada salahnya untuk membuka kembali hati Anda untuk orang baru. Mungkin saja akan ada orang yang dapat mencintai Anda secara lebih pantas.

7. Temukan dan tekuni hobi yang baru. Lakukanlah aktivitas yang positif. Jangan beri waktu pada diri Anda untuk mengingat kembali kisah cinta yang lalu.

8. Biasanya ada orang yang menganggap mantan sekarang menjadi teman baik. Sebaiknya lupakan istilah teman baik itu.  Sangat baik bagi Anda untuk berhenti berhubungan dengan mantan.
Namun ini, tidak untuk seterusnya. Berikan kesempatan perasaan Anda untuk pulih terlebih dahulu.