David Villa Kejar Rekor La Furia Roja

Sumber :

VIVAnews - Striker Valencia David Villa tengah membidik rekor pencetak gol terbanyak di timnas Spanyol. Empat pemain kini menjadi sasaran tembak Villa mewujudkan ambisinya.

Torehan 25 gol Villa bersama La Furia Roja memang menempatkan striker pujaan publik Mestalla ini masuk dalam daftar lima pencetak gol terbanyak buat timnas. El Guaje kini hanya tertinggal satu gol dari Emilio Butragueno yang menempati peringkat keempat pencetak gol terbanyak Matador.

Villa memang masih terlalu jauh untuk mengejar torehan Raul Gonzales yang kini memegang rekor terbanyak dengan 44 gol. Tapi bukan mustahil, pahlawan Spanyol saat menjadi kampiun di Euro 2008 lalu ini akan menyamai rekor striker Real Madrid itu.

Syaratnya, ia harus melewati tiga nama yakni Butragueno, Fernando Morientes dan Fernando Hierro. Kini harapan itu sangat terbuka saat Villa kembali dipercaya pelatih Spanyol Vicente del Bosque sebagai striker utama bersama Fernando Torres

Villa akan menjadi tumpuan bagi La Furia Roja saat menjamu timnas Turki di Santiago Bernabeu, Sabtu, 28 Maret 2009 nanti di kualifikasi Piala Dunia. Namun Villa mengaku tetap akan menempatkan kemenangan buat timnas di atas ambisi pribadinya itu.

“Saya tidak terlalu terfokus dengan tujuan saya. Saya hanya ingin bermain dan menunjukkan penampilan terbaik saya di setiap pertandingan untuk membantu tim memenangkan pertandingan," ujar Villa seperti dilansir Goal, Kamis, 26 Maret 2009.

“Tapi jika saya mencetak satu atau dua go, itu akan menjadi indah. Mencetak gol adalah hiburan saya. Saya juga sangat berhasrat mengejar rekor Butragueno, Morientes, Hierro dan Raul," tambahnya.

Polemik Kostum No 7

Bukan rahasia lagi jika kostum La Furia Roja bernomor punggung 7 identik dengan Raul Gonzales. Villa memang mendapat warisan nomor punggung 7 setelah Raul tak lagi dipanggil ke timnas.

Yang jadi masalah, laga kontra Turki nanti akan digelar di "rumah" Raul, Santiago Bernabeu. Tentu tak akan mudah bagi Villa mengenakan nomor sakral bagi para pendukung Los Blancos. Bahkan sebelumnya, banyak kalangan yang meminta nomor sakral itu dipensiunkan dari La Furia Roja.

“Saya senang melihat debat mengenai No 7 apakah akan terus dipakai atau dipensiunkan. Tapi yang jelas hal itu tidak akan mempengaruhi hasil di lapangan," ujar Villa.

“Saya hanya mengenakan seragam No 7 karena hanya itu yang tersedia. Dalam sebuah skuad, pemain yang paling banyak membela timnas berhak memilih nomor. Carlos Marchena bermain lebih banyak dari saya dan jika ia meminta No 7 saya akan memberikannya," beber Villa.

Dalam kesempatan itu, Villa juga mengaku sangat kecewa dengan absennya bintang La Furia Roja, Andreas Iniesta.

10 Pencetak Gol Terbanyak La Furia Roja:

1  Raúl Gonzales : 44 Gol (102 pertandingan)
2  Fernando Hierro: 29 (89)
3  Fernando Morientes: 27 (47)
4  Emilio Butragueño: 26 (69)
5  David Villa: 25 (42)
6  Alfredo di Stéfano: 23 (31)
7  Julio Salinas: 23 (56)
8  Míchel: 21 (66)
9  Telmo Zarra: 20 (20)
10 Fernando Torres: 18 (59)