"Selamat Setelah Bertahan di Pohon 1 Jam"

Sumber :

VIVAnews - Sulastri, 35, masih terlihat syok, di posko pengungsian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan. Ia adalah salah satu korban selamat jebolnya tanggul Situ Gintung di Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan.

Warga RT 04 RW 08 Kampung Poncol, Cirendeu, itu selamat setelah bertahan selama satu jam bersama suaminya di pohon. "Saya nggak kebayang bisa selamat," ujarnya kepada VIVanews, Jumat 27 Maret 2009.

Ia berkisah, sekitar pukul 04.00, tiba ia terbangun oleh bunyi gemeretak yang sangat keras. Ia dan suami langsung bergegas keluar rumah. Air ternyata sudah mulai menggenangi halaman.

Tanpa berpikir panjang, ia dan suami langsung mengungsi ke atap rumah. Dalam hitungan detik, air sudah menenggelamkan rumahnya hingga sebatas atap atau sekitar tiga meter.

Hanya beberapa menit pasangan itu bertahan di atap rumah. Sang suami mengajaknya berpindah ke pohon besar di samping rumah. "Karena waktu di atap, rumah sudah goyang-goyang," ujarnya.

Sekitar satu jam pasangan itu bertahan di pohon, sebelum tim SAR mengevakuasinya dengan perahu karet. "Banyak tetangga yang tewas terbawa arus," ujarnya.

Jebolnya Situ Gintung merenggut sedikitnya 38 korban tewas. Korban diperkirakan terus bertambah seiring evakuasi tim SAR. Peristiwa itu juga mengakibatkan ratusan rumah terendam. Sebagian di antaranya rusak berat dan hanyut terbawa arus.