NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Update Corona di Sumut 7 April 2020: 8 Sembuh, ODP Turun

Rabu, 8 April 2020 | 01:16 WIB
Oleh : Arinto Tri Wibowo, Putra Nasution (Medan),
Foto :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Personel Polda Sumut menyemprotkan cairan disinfektan dengan menggunakan mobil water canon saat melintas di jalan pusat Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (24/3/2020). Penyemprotan tersebut sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

VIVAnews – Per Selasa 7 April 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara mencatat 76 orang positif Corona. Namun, terjadi penurunan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Juru Bicara Gugus Tugas Mayor Kes, dr. Whiko Irwan, menjelaskan, 53 pasien positif Corona diketahui melalui tes swab tenggorok dan metode PCR (polymerase chain reaction). Sementara itu, sisanya dinyatakan positif melalui rapid test.  

"Kebijakan tanggap darurat harus kita dukung. Kita menghadapi musuh yang tak kasat mata. Masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaannya," tutur Whiko dalam konferensi pers, Selasa petang, 7 April 2020.

Dari total seluruh kasus Covid-19, tercatat ada tujuh orang yang dinyatakan meninggal dunia. Selanjutnya delapan orang dilaporkan sembuh. 

Whiko mengatakan, pihaknya terus melakukan pelayanan medis secara maksimal dan profesional.

"Sembuhnya delapan penderita, penyakit menular ini bisa disembuhkan. Yang dinyatakan sembuh artinya tidak ada gejala klinis dan tidak ada lagi virus di tubuhnya," tutur Whiko.

Whiko mengungkapkan, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga meningkat menjadi 133 orang. Pada hari sebelumnya, PDP berjumlah 127 orang.

"Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.488 orang atau menurun dari hari sebelumnya yang berada di angka 3.615 orang," tutur Whiko.

Topik Terkait
Terbaru