Duel Pantai Gading Vs Malawi Makan Korban

Sumber :

VIVAnews - Kemenangan Pantai Gading atas tamunya Malawi pada lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia (PD) 2010 zona Afrika memakan korban jiwa. Sebanyak 19 penonton tewas dan 132 lainnya terluka akibat salah satu tembok Stadion Houphouet-Boigny Abidjan roboh Senin, 30 Maret 2009 dini hari WIB.

Sebanyak 50 ribu penonton memadati Stadion Abidjan untuk menyaksikan Pantai Gading yang diperkuat pemain-pemain yang berlaga di Premier League seperi Didier Drogba dan Salomon Kalou (Chelsea) serta Kolo Toure dan Emmanuel Eboue (Arsenal) bertanding. Sebagian diantarnya memaksa masuk meski tidak memiliki tiket.  

Menteri Olahraga Pantai Gading, Desire Tagro kepada stasiun televisi lokal mengatakan, peristiwa memilukan ini terjadi sesaat sebelum pertandingan dimulai. Penonton yang ingin menyaksikan idolanya beraksi memaksa masuk ke dalam stadion. Aksi ini membuat salah satu dinding stadion roboh dan menimpa penonton.

"Penonton yang hadir banyak sekali. Mereka berdesakan karena pertandingan akan segera dimulai," kata Tagro seperti dilansir Yahoo.com, Senin, 30 Maret 2009. 

Stadion Abidjan baru saja menjalani renovasi. Kapasitas stadion ini mencapai 35 ribu penonton. Namun saat Pantai Gading bertemu Malawi, jumlah penonton diperkirakan mencapai angka 50 ribu.

Tagro mengatakan pemerintah Pantai Gading mengutuk kejadian ini. Tak hanya itu, Targo juga menegaskan bahwa pemerintah akan melakukan penyelidikan terhadap penyebab robohnya tembok stadion.

Pada pertandingan ini Pantai Gading berhasil mengalahkan Malawi dengan skor telak 5-0. Drogba mencetak dua gol. Sedangkan tiga gol lainnya dicetak oleh Romaric, B Kalou, dan A Kone.