SFC Jadikan Gamba Osaka Sparring Partner

Sumber :

VIVAnews - Perjuangan Sriwijaya FC di kompetisi Indonesia untuk sementara terhenti. Saat ini Laskar Wong Kito fokus pada persiapan menghadapi Gamba Osaka pada lanjutan Liga Champions Asia (LCA) 2009.

SFC akan betemu juara musim lalu Gamba Osaka, di Stadion Expo '70, 8 April 2009. Pada pertemuan ini, Pelatih SFC, Rahmad Darmawan tidak ingin mematok target muluk-muluk selain membawa timnya tampil maksimal.

"Semua tahu kualitas Gamba Osaka. Mereka punya sederet pemain  bintang. Namun kami tidak boleh menyerah dan menurut saya, pemain justru harus tampil lebih baik saat bertemu mereka," kata Rahmad Darmawan, saat dihubungi VIVAnews, Kamis, 2 April 2009.

Penampilan perdana SFC di LCA memang tidak berjalan mulus. Dari dua pertandingan yang sudah dijalani, SFC belum juga berhasil meraih poin.

Pertandingan pertama kontra FC Seoul di Stadion Jakabaring, Palembang, 10 Maret 2009 dilewati dengan kekalahan 2-4. Sedangkan pada pertandingan kedua lawan Shandong Lunang di China, sepekan kemudian, SFC kembali keok dengan skor telak 0-5.

"Kami tak ingin target muluk-muluk. Pertandingan nanti akan kami jadikan sebagai persiapan untuk kembali tampil di Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 dan Copa Indonesia," kata mantan pelatih Persikota, Persipura, dan Persija Jakarta itu.

Rahmad menambahkan, selama ini timnya masih bermasalah dengan pertahanan. Karena itu, saat pertandingan nanti mereka akan mencoba menyempurnakan organisasi pertahanan dengan menempatkan tiga center back sekaligus. 

"Dengan mengandalkan formasi 4-4-2 saya pikir akan sulit mengimbangi Gamba Osaka. Terlalu banyak celah untuk formasi ini. Karena itu, saya akan mencoba merancang skema baru yang bisa menguatkan pertahanan namun tetap efektif dalam menyerang," beber Rahmad.

SFC rencananya akan bertolak ke Jepang, Minggu, 5 April 2009. Dalam turnya kali ini Rahmad akan memboyong 18 pemain. Hingga saat ini SFC masih berada di pada posisi juru kunci grup F dengan nilai nol dari dua kali laga.