"Ketua Umum Golkar Mengarah ke Demokrat"

Sumber :

VIVAnews - Acara makan siang beberapa Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar dengan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla, membicarakan soal koalisi di Pemilihan Presiden 2009. Para ketua Golkar daerah yang hadir mengusulkan koalisi kembali dengan Partai Demokrat.

"Ya. Benar kami usul begitu (koalisi dengan Demokrat)," kata Fadel Muhammad, Ketua DPD I Gorontalo Golkar, dalam pesan pendek kepada VIVAnews, Kamis 16 April 2009. "Dan Ketua Umum juga ke arah sana," ujarnya melanjutkan.

Fadel Muhammad yang juga Gubernur Gorontalo merupakan salah satu pendukung duet Yudhoyono-Kalla. Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Wilayah Sulawesi kemarin, Fadel bersama lima gubernur di Sulawesi lainnya menyatakan dukungan pada duet yang berkuasa ini.

Secara internal Golkar, belum ada putusan apakah Golkar memberikan dukungan pada Kalla kembali menjadi calon wakil presiden. Sejauh ini, muncul empat pandangan di Golkar menghadapi Pemilihan Presiden 2009.

Salah satu Ketua Golkar, Syamsul Muarif, mengungkapkan kelompok pertama menginginkan kembali duet Yudhoyono-Kalla. Kelompok kedua, mengajukan Kalla sebagai calon presiden. Kelompok ketiga, mengajukan Sri Sultan sebagai calon presiden dan kelompok keempat menginginkan Golkar berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Saluran resmi untuk menemukan sikap partai yang pas adalah Rapat Pimpinan Nasional Golkar yang digelar 23 April nanti. Menjelang pertemuan itu, nanti malam, Golkar menggelar Rapat Konsultasi DPP dengan DPD.