Menkeu Kaji Pembelian Saham Newmont

Sumber :

VIVAnews - Departemen Keuangan masih akan mengkaji banyak aspek untuk proses pembelian saham PT Newmont Nusa Tenggara. Pertimbangan ini antara lain kajian strategis dan aspek manfaat dari pembelian saham Newmont.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan masalah ini masih dalam proses berjalan. "Beberapa waktu lalu, Meneg BUMN telah menulis surat kepada Menkeu dan ESDM," kata Menkeu dalam jumpa pers di Kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis 16 April 2009.

Surat itu menyangkut langkah selanjutnya dari pemerintah untuk merespon keputusan arbitrase yang memenangkan pemerintah Indonesia. Sesuai putusan arbitrase, Newmont diwajibkan menjual 17 persen sahamnya kepada pihak Indonesia dalam tempo 180 hari.

Kajian nilai strategis tersebut seperti strategi kebutuhan dari sisi energi dan pertambangan dan aspek manfaat bagi perekonomian.

Menteri Keuangan hanya ingin memastikan bahwa ada kepastian untuk menciptakan keberlangsungan dari aktivitas perusahaan. Namun, dia menjelaskan secara detail mengenai kesiapan anggaran untuk pembelian saham. "Ini sekarang masih dalam proses," katanya.