Everton Hanya Takutkan Wasit Bukan Rooney

Sumber :

VIVAnews - Wayne Rooney kecil dikenal sangat fanatik dengan Everton. Kini striker Manchester United ini harus menghadapi mantan klubnya itu di semifinal Piala FA. Isu obyektivitas wasit juga dipertanyakan manajer The Toffes, David Moyes.

Ya, Rooney memang terlahir sebagai salah satu bintang muda Goodison Park. 'Sekali Biru tetap Biru' selalu tertanam di benak setiap pendukung The Toffes. Namun Rooney harus melupakan itu. Demi partai final, Rooney harus rela menyingkirkan Everton di babak semifinal.

"Semua kenangan itu membuat saya lebih baik. Tapi itu tidak terlalu mengkhawatirkan saya karena saya sangat berharap dapat bermain melawan Everton," ujar Rooney seperti dilansir The Sun, Jumat, 17 April 2009.

Penampilan gemilang Rooney di Everton itu yang membuat Sir Alex Ferguson akhirnya memboyong striker 23 tahun ini ke Old Trafford pada 2004 lalu dengan nilai transfer 30 juta poundsterling.

Moyes Takutkan Wasit

Duel semifinal Piala FA antara Setan Merah dan Si Biru akan digelar di Stadion Wembley, Minggu, 19 April 2009, satu hari setelah babak semifinal antara Arsenal versus Chelsea.

Namun laga ini sempat diwarnai isu keberpihakan. Adalah sang manajer The Toffes, David Moyes, yang mengaku kurang senang dengan ditujuknya wasit Mike Riley sebagai pemimpin pertandingan. Sudah menjadi rahasia umum jika Riley adalah fans Setan Merah.

Riley sendiri sebenarnya bukan wasit yang disiapkan FA untuk memimpin laga Setan Merah kontra Everton. Ia menggantikan Steve Bennett yang tengah sakit.

“Saya telah berkali-kali mengatakan jika Riley adalah seorang fans United. Jika Anda mengatakan bahwa Riley adalah suporter United, Anda tentu berharap FA akan mempertimbankan hal itu," ujar Moyes.

Ketakutan Moyes diawali dari pengalaman buruk enam tahun silam. Pada pertandingan terakhir Liga Inggris, keputusan Riley memberikan penalti kepada MU akhirnya membuat Everton harus rela bermain di Piala UEFA.

Terakhir, Riley pula yang membuat Tim Cahlil harus menerima kartu merah pada September lalu saat The Toffes dikalahkan Liverpool 2-0.

Namun tudingan Moyes itu langsung di bantah FA. “Semua wasit kami sangat fair dan obyektif. Miker Riley salah satu wasit terbaik kami dan kami yakin 100 persen dia dapat melakukan tugasnya dengan baik, Minggu nanti," ujar juru bicara FA.