Suara Ketua DPP PBB Nizar Dahlan Minim

Sumber :

VIVAnews - Langkah Ketua DPP PBB Nizar Dahlan Sulit nampaknya akan sulit melangkah ke Senayan. Hasil penghitungan suara sementara di Daerah Pemilihan Sumbar 1, Nizar kalah bersaing dengan Inu Kencana, caleg PBB nomor urut 4.

Menurut hitungan bilangan pembagi dari total suara Sumbar 2, PBB justru tidak kebagian satu kursi pun ke DPR. Hingga siang ini berdasarkan hasil penghitungan sementara KPU Sumbar, Jumat 17 April 2009, total suara yang masuk telah mencapai 192.427 suara.

Nizar Dahlan hingga siang ini baru mengumpulkan 1.369 suara dari 6.353 suara yang dikumpulkan PBB di Dapil Sumbar 2. Sedangkan Inu Kencana telah mengumpulkan 2.090 suara.

Sedangkan Partai Amanat Nasional (PAN) berkemungkinan memperoleh satu kursi dari enam kursi yang tersedia di Dapil Sumbar 2. Sejauh ini, pertarungan mendapatkan satu kursi milik PAN di Sumbar 2 diperebutkan caleg nomor urut 1 Ekos Albar, Rizaganti Syahrun dan Adrian Maulana.

Meskipun tertinggal dalam perolehan suara sementara Dario Ekos Albar dan Rizaganti Syahrun, Adrian Maulana masih memiliki peluang mewakili PAN menuju Senayan dari Dapil Sumbar 2 mewakili 8 kota kabupaten.

Perolehan suara Adrian hingga siang ini mencapai 3.552; Ekos Albar 4.696 suara; Rizaganti Syahrun 4.037 suara dari 21.239 suara yang diperoleh PAN di Sumbar 2.

Secara keseluruhan, Demokrat diprediksi akan mendapatkan dua jatah kursi di DPR dari Dapil Sumbar 2 berdasarkan hasil perolehan suaranya hingga siang ini. Dengan total 50.496 suara di Dapil 2, dua caleg teratasnya, Djufri dan Mulyadi akan melenggang ke DPR RI. Sisa tiga kursi diperebutkan caleg Golkar, PPP, dan PKS.

Laporan: Eri Naldi | Padang