Anas: Berharap Tetapkan Cawapres Juga

Sumber :

VIVAnews - Demokrat akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional pada 25 dan 26 April 2009.  Salah satu agendanya adalah meresmikan calon presiden Partai Demokrat. 

"Kalau memungkinkan, sekalian meresmikan capres-cawapres," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Anas Urbaningrum di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Jumat 17 April 2009.

Tapi, sambungnya penetapan itu tergantung pada dinamika politik dari calon partai peserta koalisi. "Semoga saja prosesnya bisa lebih cepat."
 
Menurut Anas, peta politik dalam pencalonan capres dan cawapres akan jelas setelah PDI Perjuangan menentukan capres dan cawapresnya pada 23 April mendatang. "Akan terlihat siapa saja yang akan berkompetisi di Pemilihan Presiden nanti," kata dia.

Selain itu, Anas menilai koalisi yang baik adalah koalisi yang diikat dengan kontrak politik. Dengan demikian, koalisi itu bersifat institusional antarpartai, bukan antarpribadi.  "Ikatan atau kontrak politik itu sekaligus menjadi panduan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh partai peserta koalisi," jelasnya.