Bebas Utang Dalam 60 Detik!

Sumber :

VIVAnews - Lebih dari sejuta calon legislatif gagal menuju kursi anggota Dewan. Tak sedikit dari mereka yang mencalonkan diri membobol tabungan, menjual harta, dan tak sedikit yang berutang. Mereka yang gagal dan menyisakan utang tentu harus memutar otak. Bagaimana cara mereka megatasi masalah tersebut.

Bagi Anda yang barangkali gagal menjadi anggota Dewan atau masih terjerat utang,  ada caranya agar utang tidak makin menggunung. Ikuti cara yang bisa dipraktikkan hanya dalam waktu enam puluh detik ini!

Lima detik pertama

Jadikan suatu kebiasaan memilah mana yang perlu dan tidak perlu sebelum mengeluarkan uang. Yakinkan diri untuk membayar utang dulu, sebelum menghamburkan uang.

Lima detik kedua
Belajarlah membedakan cicilan rutin dan utang di luar perhitungan. Apa yang Anda beli dengan jalan meminjam sebaiknya harus punya nilai. Misalnya, kredit rumah atau pinjaman pendidikan.

Lakukan dalam sepuluh detik
 
Pilih apa yang menjadi prioritas. Dari sekian katu kredit yang Anda miliki, pilih satu kartu kredit yang memiliki bunga paling rendah, dan menawarkan fasilitas menguntungkan. Gunakan kartu kredit itu seperlunya. Jangan terlalu boros. Untuk menghindari godaan menggunakannya keluarkan itu dari dalam dompet. Gunakan hanya untuk keperluan mendesak.

Sepuluh detik berikutnya
Simpan semua bon dari utang. Tentukan jumlah minimal yang harus dibayarkan dan hitung secara keseluruhan. Katakan pada orang atau pihak bank yang meminjami Anda jumlah yang mampu dibayar tiap bulannya. Jika tidak, maka pendapatan Anda bisa ludes begitu saja.

Sepuluh detik selanjutnya
Tak salah jika Anda melihat bunga tinggi kartu kredit atau bunga dari pinjaman lainnya. Tujuannya, untuk mengetahui jumlah besaran utang yang harus dibayar setiap bulan. Ulangi proses seperti ini setiap bulan sampai utang Anda terlunasi.

Sepuluh detik terakhir
Jadilah bijaksana dengan mencoba menyelesaikan utang satu per satu. Boleh saja anda bernafsu untuk membayar semua utang-utang anda. Justru ambisi tersebutlah yang harus anda hindari.Jika Anda telah berhasil membuat rencana untuk membayar semua utang, maka Anda tinggal memikirkan, bagaimana cara agar Anda bisa menyisihkan uang untuk menabung.