Langkah MU Tertahan di Semifinal

Sumber :

VIVAnews - Langkah Manchester United di Piala FA akhirnya kandas di babak semifinal setelah kalah adu penalti 4-2 atas Everton, Minggu, 19 April 2009. Hasil ini sekaligus mengubur impian MU untuk meraih Quintuple Winner musim ini.

Pada pertandingan yang digelar di stadion Stadion Wembley, Inggris ini, kedua tim bermain imbang 0-0 hingga babak kedua berakhir. Skor yang sama juga menghiasi babak perpanjangan waktu 2 kali 15 menit.

Everton memastikan satu tiket di babak semfinal lewat drama adu penalti. Empat penendang Everton sukses menjalankan tugasnya dengan. Sedangkan MU hanya mampu memaksimalkan tiga dari lima kesempatan yang diberikan.

Babak Pertama
Dalam laga yang disiarkan langsung TvOne ini, MU menurunkan skuad lapis kedua, kebanyakan pemain muda. Kiper Ben J Foster, duet bek sayap kembar, Rafael dan Fabio Silva, gelandang Darrent Gibson dan Danny Welbeck.

Striker Federico 'Kiko' Macheda juga tampil perdana sebagai starter mendampingi Carlos Tevez. MU hanya menurunkan skuad utama yang dipimpin kapten Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Park Ji Sung, dan Anderson.

Di kubu Everton, trio Phil Nevile, Tim Howard, dan striker Louis Saha bertemu kembali dengan mantan klubnya.

MU membuka peluang lewat Macheda di meit ke-14. Sayangnya, tendangan Macheda masih menyamping di sisi kanan, gawang Howard.

Everton balas melahirkan peluang di menit ke-11. Tapi, tendangan Nevile yang dikawal Fabio masih melambung di atas mistar gawang Foster.   

Menit-13, kerjasasama Tevez dan Welbeck hanya dipungkasi ke sisi kiri gawang Howard.

Kiper MU, Foster, nyaris membuat blunder di menit ke-21 setelah bola backpass nyaris direbut Saha.

Fabio mendapatkan kartu kuning pertama dalam laga ini setelah menarik Leidhton Paines di ujung luar kotak penalti sebelah kanan MU. Sayang, tendangan bebas Everton hanya berbuah sepak pojok yang dengan mudah dihalau pemain belakang MU.

Peluang terakhir MU di babak pertama diciptakan Welbeck, sayang tendangannya masih melambung. Skor kaca mata tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua

Permainan kedua tim masih seimbang. Everton membuka peluang lewat tendangan Tim Cahlil yang bisa dimentahkan Foster di menit ke-54.

Giliran MU lewat tendangan Park Ji Sung juga masih melebar di kiri gawang Howard pada menit ke-63. Kedua tim saling menyerang, tapi tak berhasil menembus pertahanan lawan.

Sampai babak kedua, pertandingan berkesudahan 0-0 sehingga harus dilanjutkan lewat perpanjangan 2 kali 15 menit.


Perpanjangan waktu & Adu Penalti

Kedua tim juga gagal merubah skor di extra time. Meski alur serangan lebih menari, namun kedua tim gagal mencetak satu gol pun. Skor tetap 0-0 dan harus dilanjutkan lewat adu penalti.

Everton mengawali adu penalti lewat kaki Tim Cahlil. Sayang, tendangan pemain asal Australia itu masih berada di atas mistar gawang Foster.

Meski demikian, skor masih tetap 0-0 setelah penendang pertama MU, Dimitar Berbatov juga gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya yang lemah berhasil di tepis Howard.

Everton mulai meninggalkan MU lewat gol Leighton Baines. Tendangannya yang mengarah ke sudut kiri atas jala MU gagal dibendung Foster. Skor pun berubah menjadi 1-0.

MU gagal mengejar ketertinggalan. Ferdinand yang menjadi eksekutor kedua MU gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya juga masih bisa ditepis Howard.

Everton kembali memperlebar jarak menjadi 2-0 lewat kaki Phil Nevile. MU lantas memperkecil jarak menjadi 2-1 lewat eksekusi Nemanja Vidic.

Pemain Everton James Vaughan juga sukses menjalankan tugasnya dan merubah skor menjadi 3-1. Namun Aderson dengan tenang kembali mengecilkan jarak menjadi 3-2.

Sayang, mimpi MU akhirnya kandas setelah penendang terakhir Everton, Phil Jagielka sukses menjalankan tugasnya dan menutup adu penalti dengan skor 4-2. Di final Piala FA 2009, Everton akan berhadapan dengan Chelesea.

Susunan pemain:
Manchester United: Ben Foster, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Rafael da Silva, Fabio da Silva (Patrice Evra 65), Darron Gibson, Anderson, Danny Welbeck, Park Ji Sung (Paul Scholes 66), Carlos Tevez, Federico Macheda (Dimitar Berbatov 91).

Everton: Tim Howard, Tonny Hibbert, Phil Jagielka, Joleon Lescott, Leighton Baines, Phil Neville, Leon Osman, Marouane Fellaini (James Vaughan 102), Steven Pienaar, Tim Cahill, Louis Saha (Jack Rodwell 69).