Laba dan Penjualan IBM Menurun

Sumber :

VIVAnews - Perusahaan komputer IBM Corp. mengalami penurunan tingkat penjualan dan laba pada triwulan pertama tahun ini karena semua unit bisnis utama mengalami penurunan.

Namun, IBM memprediksi bahwa penerimaan akan meningkat sepanjang sisa tahun 2009 karena yakin bahwa berbagai pelayanan  dan produk perangkat lunak IBM akan membantu mereka bertahan di tengah masa resesi.

Perusahaan yang berbasis di Armonk, negara bagian New York ini melaporkan hasil penerimaan triwulan pertama, Senin sore 20 April 2009 (Selasa dini hari WIB), setelah bursa saham Wall Street ditutup.

Dibanding periode tiga bulan pertama 2008, tingkat penjualan IBM kali ini turun 11 persen menjadi US$21,7 miliar. Nilai itu lebih sedikit US$800 juta dari prediksi analis yang menyebut keuntungan IBM kuartal pertama 2009 adalah US$ 22,5 miliar. IBM mengatakan, penerimaan akan jatuh 4 persen jika kurs dolar AS tidak menguat.

Tingkat laba yang diterima IBM kali ini pun juga merosot. Triwulan pertama tahun ini, keuntungan IBM adalah US$ 2,30 miliar atau US$ 1,70 per lembar saham. Harga tersebut memang masih lebih tinggi daripada perkirakan para analis yang memprediksi harga per lembar saham IBM adalah US$ 1,66. Namun, dalam periode yang sama tahun 2008, IBM bisa meraup laba US$ 2,32 miliar atau US$ 1,64 per lembar saham.

Laporan penerimaan IBM keluar bersamaan dengan pengumumkan bahwa kompetitornya, Sun Microsystems Inc., sepakat dibeli oleh Oracle Corp. senilai US$ 7,4 miliar. Padahal, beberapa waktu lalu IBM berencana mengakuisisi Sun, namun gagal. Kini, IBM kemungkinan tidak akan menyaingi tawaran Oracle. (AP)