Pemerintah Sediakan Pengacara untuk Nahkoda

Sumber :

VIVAnews - Pemerintah akan memberikan bantuan advokasi bagi nahkoda kapal berbendera Sierra Leone bernama The New Star, Adi. Kapal itu tenggelam setelam ditembaki kapal Rusia di perairan dekat lepas pantai Vladivostok, Rusia, 12 Februari lalu.

"Dia kan divonis tiga bulan. Kami akan mengupayakan pembebasan dia melalui banding," kata Hamid, Rabu 22 April 2009.

Hamid sudah mengantongi dua surat sebagai bukti untuk meringankan hukuman Adi. "Meski dia lari, tapi dia dalam tekanan. Ini dibuktikan dari surat pemilik kapal," kata dia.

Surat pertama, kata Hamid, dikirim keponakan pemilik kapal yang ikut dalam rombongan di hari penembakan itu. Kedua, surat elektronik dari pemilik kapal di Hong Kong. "Isinya, pemilik kapal di Hong Kong itu yang memaksa dia (Adi) supaya lari saja," jelas Hamid. Kedua surat itu, kata dia, sudah diserahkan ke polisi.

Pada 12 Februari lalu, sebuah kapal berbendera Sierra Leone bernama The New Star tenggelam setelah ditembaki kapal Rusia di perairan dekat lepas pantai Vladivostok. Kru kapal terdiri atas warga China dan Indonesia, termasuk Adi.

Kementerian Luar Negeri China telah memprotes keras aksi penembakan itu dan menuntuk penyelidikan menyeluruh. Namun, Rusia mengatakan bahwa kapten kapal- yang berasal dari Indonesia, merupakan pihak yang bertanggung jawab karena berlayar melintasi perbatasan.