Status Gunung Slamet Waspada

Sumber :

VIVAnews - Status Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah, ditingkatkan menjadi 'waspada' mulai Selasa 21 April 2009 pukul 12.00 WIB. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVG), Surono peningkatan status ini terkait dengan meningkatnya temperatur air panas di Pandansari dan Pasepuhan.

"Terekam gempa tremor vulkanik, dengan amplituda maksimum berkisar antara 0.5 –10 mm dan pengamatan visual terlihat asap putih tipis dengan tinggi ± 50 – 300 m," kata Surono seperti dikutip laman Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Selain itu, temperatur air panas di Pandansari dan Pasepuhan mengalami peningkatan dari hari ke hari. Pada Selasa lalu tercatat di Pandansari ± 45,7 °C dan di Pasepuhan ± 63 °C. "Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas vulkanik G. Slamet, tambah dia.

Menurut Surono, pemantauan secara intensif terus dilakukan. "Kami tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat. Apabila aktivitas Gunung Slamet kembali menurun atau meningkat, maka status Gunung Slamet dapat diturunkan atau dinaikan kembali sesuai dengan tingkat kegiatannya," tambah dia.

Surono meminta masyarakat agar tetap tenang. Untuk sementara aktivitas pendakian dihentikan. Masyarakat juga dimintamenggunakan masker penutup hidung dan mulut jika terjadi hujan abu lebat untuk menghindari terjadinya gangguan pernafasan.