Desain Terminal 3 Lebih Ramah Lingkungan

Sumber :

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pagi ini, Selasa 28 April 2009.

Dikutip dari Majalah Bandara Soekarno Hatta, On Time, pembangunan Bandara 3 bertujuan mengakomodasi pertumbuhan pengguna jasa bandara. Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta mulai membangun Terminal 3 sejak 2007.

Menelan dana sebesar Rp 300 miliar, desain terminal baru ini diklaim lebih ciamik dibandingkan dua bandara lainnya. Mengusung konsep eco-modern airport, desain bangunan dan desain interior lebih ramah lingkungan.

Penggunaan kaca yang dominan, daripada tembok seperti terminal lainnya, memungkinkan cahaya matahari menerobos masuk ke dalam gedung. Pada siang hari tak perlu lampu sehingga lebih hemat listrik.

Terminal 3 telah beroperasi untuk umum sejak Rabu 15 April silam untuk maskapai Mandala. Pembangunan terminal itu adalah salah satu upaya pengelola bandara untuk mengurangi beban penumpang di Terminal 1 dan 2.

Dua terminal lama itu didesain untuk pergerakan penumpang hingga 2020 dengan daya tampung maksimal 18 juta penumpang per tahun. Namun belum sampai 2020, jumlah penumpang sudah menembus angka 32 juta penumpang per tahun.