ICW Desak Antasari Nonaktif di KPK

Sumber :

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi diminta untuk mengundurkan diri pascapenetapannya sebagai tersangka dalam pembunuhan Direktur Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnen. "Minimal nonaktif sementara karena ini berkaitan dengan kredibilitas KPK," kata Koordinator Indonesia Corruption Watch, Danang Widoyoko, Jumat 1 Mei 2009.

Menurut Danang, kasus pidana yang membelit Antasari menciderai kredibilitas KPK. Karena itu, selama Antasari harus menyelesaikan proses hukum terkait kasus pembunuhan itu "dia tidak boleh dilibatkan dalam pengambilan kebijakan di KPK."

Selain itu, empat pimpinan KPK juga harus membuat mekanisme pergantian pimpinan antarparuh waktu. "Harus dibentuk Majelis Kode Etik," kata dia.

Saat ini, Antasari masih berstatus sebagai jaksa yang diperbantukan di KPK dan sudah dibebastugaskan dari kejaksaan. "Dengan demikian pemeriksaan tidak perlu izin Presiden," kata dia.

Ketua KPK Antasari Azhar dikenakan cekal atas permintaan polisi melalui Kejaksaan Agung. Jaksa Agung Muda bidang Intelijen Wisnu Subroto kemudian membuka fakta bahwa Antasari telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, Direktur PT Putra Rajawali Banjaran.

Dalam kasus ini polisi telah menahan sembilan pelaku. Mereka adalah eksekutor dan operator lapangan. Salah satu yang ditangkap adalah mantan politisi Partai Kebangkitan Bangsa sekaligus pengusaha, Sigid Haryo Wibisono.

Nasrudin ditembak usai bermain golf di Padang Golf Modernland, Cikokol, Tangerang, sekitar pukul 14.00, Sabtu 14 Maret 2009. Ia ditembak di dekat mal Metropolis Town Square.

Mobil BMW silver miliknya tiba-tiba dipepet dua pria mengendarai sepeda motor. Salah seorang pengendara langsung memuntahkan dua peluru ke arah kepala Nasrudin yang duduk di kursi belakang.

Seketika, sopir korban langsung membawanya ke Rumah Sakit Mayapada Tangerang. Kondisi Nasrudin dinyatakan kritis. Rumah sakit itu pun tak mampu menanganinya dan merujuknya ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Nasrudin meninggal 22 jam kemudian.