Kakak Tua & Gajah Bisa Mengikuti Irama Musik

Sumber :

VIVAnews – Beberapa jenis binatang ternyata bisa berdansa mengikuti irama musik seperti yang dilakukan manusia. Contohnya burung kakaktua dan gajah. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Neurosciences Institute di San Diego, Amerika Serikat.

Dalam salah satu video yang ditemukan oleh peneliti di laman YouTube, ada seekor burung kakaktua yang bisa mengikuti irama lagu Backstreetboys. Burung tersebut bisa merasakan irama musik yang mereka dengar seperti juga manusia.

Tidak hanya burung kakaktua, gajah yang sudah dilatih pun bisa berdansa mengikuti irama musik yang diperdengarkan. Kemampuan itu tidak dimiliki semua binatang. Simpanse yang banyak memiliki kesamaan dengan manusia pun, belum tentu memiliki kemampuan mengikuti irama musik.

Menurut tim peneliti, gajah dan kakatua memang memiliki kemampuan untuk meniru suara yang mereka dengar. Hal itu karena terdapat sirkuit dalam otak yang bisa membuat, kedua hewan itu bisa merasakan musik dan bergerak mengikuti iramanya.

Dari sekitar 1.000 video, yang dilihat oleh tim peneliti ada 33 video yang membuktikan kalau binatang bisa mengikuti irama musik. Binatang-bintang tersebut terdiri dari 14 spesies burung kakatua dan satu spesies gajah.

Lalu, menurut tim peneliti, kemungkinan besar lumba-lumba juga memiliki kemampuan yang sama seperti kakatua dan gajah yaitu mengikuti irama musik.