Sidang Perdana Romli Digelar Hari ini

Sumber :

VIVAnews - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang perdana dugaan korupsi biaya administrasi badan hukum atau sisminbakum dengan tersangka mantan Direktur Jenderal Administrasi Badan Hukum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Romli Atmasasmita.

"Sidang akan digelar jam 10 nanti," kata pengacara Romli, Juniver Girsang, Senin 4 Mei 2009. Ia menjamin kliennya akan datang ke pengadilan untuk mendengar dakwaan jaksa.

"Dia akan datang sendiri," kata Juniver. Selama persidangan, tambahnya, Romli akan didampingi Deni Kailimang.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menyebutkan ada nama Yusril Ihza Mahendra dan Hartono Tanoesoedibyo dalam dakwaan tersangka dugaan korupsi biaya administrasi badan hukum atau sisminbakum, Romli Atmasasmita.

Yusril disebutkan dalam kapasitas sebagai mantan Menteri Kehakiman HAM, sedangkan Hartono Tanoe sebagai Kuasa Pemegang Saham PT Sarana Rekatama Dinamika.

Seperti diketahui, penerapan Sisminbakum dilakukan sejak 2001 saat Menkeh dan HAM dijabat oleh Yusril Ihza Mahendra dan diduga merugikan negara sampai Rp 410 miliar.

Dalam kasus ini, Kejaksaan juga menetapkan Direktur Utama PT Sarana Rekatama Yohanes Waworuntu. Yohanes adalah orang yang meneken kerja sama proyek layanan administrasi secara online itu bersama Ketua Koperasi Pengayoman Ali Amran Djannah.

Dalam beberapa kali pemeriksaan, Yohanes mengaku dipaksa Hartono untuk meneken surat kerja sama itu.