Biaya Sisminbakum Ditentukan Pekan Depan

Sumber :

VIVAnews - Departemen Keuangan segera mengeluarkan keputusan terkait biaya sistem administrasi badan hukum. Sejumlah biaya terkait pembuatan akta perusahaan itu akan direvisi.

"Tadi rapatnya, minggu depan ada keputusan," kata Sekertaris Jenderal Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Abdul Bari Azed, di Kantor Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, Jumat 23 Januari 2009.

Menurut dia, pembicaraan itu juga menyangkut masalah biaya yang akan digunakan. Tapi, Abdul enggan menjelaskan rincian angkanya. "Tidak jauh berbeda," tambah dia. Abdul menerangkan soal angka masih didebatkan. Terutama masalah, "Apa menggunakan biaya akses fee yang lama atau baru."
 
Selain masalah penetapan biaya, menurutnya, ada pembicaraan soal besaran yang akan masuk ke Penerimaan Negara Bukan Pajak. Aturan ini akan disusun sesuai dengan Peraturan Pemerintah. "Kita usahakan secepatnya, dan kita akan mengajukan anggaran itu melalui anggaran belanja tambahan tahun 2009," ujarnya.
 
Adapun mengenai tender, Abdul mengatakan, akan segera dibuat setelah masalah anggaran dan kajian tim restrukturisasi selesai. Tender itu dilakukan untuk pengadaan alat termasuk konsultan pembuatan sistem pelayanan. Sementara untuk pelaksanaannya akan dilakukan secara swadaya. "Sumber daya kita berdayakan dari dalam," dia menambahkan.