Wayang Pho The Hie di Istana Anak-anak

Sumber :

VIVAnews - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai 25 Januari hingga 10 Februari 2009, akan menggelar Pekan Budaya Tionghoa (PBT). Acara ini untuk menyambut tahun baru Imlek 2560 yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2009.

TMII akan menyuguhkan berbagai acara seperti wayang Tionghoa, atraksi wushu, sarasehan, parade, tari dan festival - festival.

Selain itu, juga akan dimeriahkan dengan atraksi Liong dan Barongsai di Sasana Taman Budaya Tionghoa dan Musium Perangko.

"Pekan Budaya Tionghoa akan dipusatkan di Taman Budaya Tionghoa," kata Kepala Humas TMII, Jerrimias Lahama seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat, 23 Januari 2009.

Gelar Wayang Poo The Hie digelar di Istana Anak-Anak Indonesia. Pertunjukan wayang dari Tionghoa ini akan digelar tanggal 1 Februari selama 7 kali pertunjukan dimulai pada pukul 11.00. 

Jerrimias menambahkan masih banyak lagi lakon - lakon yang akan disajikan dalam Wayang Poo The Hie tersebut.

Untuk berlibur sambil mengetahui Budaya Tionghoa di TMII di Museum Komodo digelar sarasehan mengenai patriotisme etnis Tionghoa saat Perang Sepanjang sampai Geger di Surakarta dengan pembicara Dr Daradjadi dari Universitas Indonesia.

Selain Gelar Wayang Poo The Hie, selama Pekan Budaya Tionghoa juga akan digelar Pameran Budaya Tionghoa Perjalanan Muhibah Cheng Ho di Taman Budaya Tionghoa. "Serpak terjang etnis Tionghoa akan dipamerkan berupa foto," tambahnya.

TMII juga menambahkan fasilitas hiburan baru, yakni “Wahana Kerbau” yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung di Taman Bunga Keong Mas.

Di akhir Pekan Budaya Tionghoa diadakan Festival Bulan Purnama dengan meletakkan banyak lilin di Danau Archipel.

Festival ini juga merupakan penutup dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek. Pada hari yang sama menjelang siang di Istana Anak-anak Indonesia akan  digelar festival kue bulan.

Jerrimias menuturkan, hari libur Imlek dan penambahan wahana baru diharapkan dapat mampu mendongkrak kunjungan dibandingkan tahun 2008, dengan target jumlah pengunjung untuk tahun 2009 sebesar 6 juta orang.