FIFA Setujui Perubahan Pedoman Dasar PSSI

Sumber :

VIVAnews - Perubahan Pedoman Dasar (PD) PSSI menuju tahap akhir. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akhirnya menyetujui draf yang dibawa oleh PSSI pada pertemuan dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Jumat, 13 Februari 2009 lalu.

Menurut Juru Bicara PSSI, Mafirion, FIFA telah menerima perubahan PD yang telah dilakukan PSSI. Aturan dasar ini telah disesuaikan dengan Statuta FIFA sebagaimana diminta selama ini.

"FIFA sudah menerima Pedoman Dasar yang sudah kita susun. Sekarang kami hanya menunggu FIFA untuk mengesahkannya saja," kata Mafirion saat ditemui wartawan di gedung PSSI, Senayan, Jakarta, Senin, 16 Februari 2009.

Mengenai agenda Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang bertujuan untuk mengesahkan Pedoman Dasar baru oleh anggota, Mafirion belum bisa berkomentar. Sebab, menurutnya penetapan itu masih menunggu pengesahan dari FIFA. Namun Mafirion menyebut untuk Munaslub, PSSI diberikan waktu minimal 1-3 bulan dan maksimal enam bulan.

"Jadi belum bisa ditentukan sekarang," kata Mafirion.

Dalam pertemuan yang digelar di kantor AFC, Malaysia, PSSI diwakili oleh Sekjen Nugraha Besoes, anggota Exco M Zein, anggota Komisi Legal Syarif Bastaman dan Bidang Hukum Hinca Panjaitan.

Setelah PD disahkan oleh FIFA, PSSI diminta untuk menggelar Munaslub. Rapat akbar ini masih menggunakan PD yang lama.

Setelah PD baru disahkan oleh anggota, PSSI selanjutnya akan menggelar pemilihan pengurus baru sesuai dengan aturan yang ada pada Pedoman Dasar yang sudah disahkan.