Hillary Datang, Meriam Deplu Dibersihkan

Sumber :

VIVAnews - Pengamanan di Departemen Luar Negeri sudah terlihat meningkat. Petugas keamanan di dalam gedung sampai pekerja kebersihan terlihat sibuk membersihkan bagian-bagian yang akan digunakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton.

Pantauan VIVAnews, sekitar 15 personel kepolisian RI terlihat menjaga di depan Gedung Departemen Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Februari 2009.

"Nanti semakin siang, petugas akan ditambah. Apalagi ketika menjelang acara sekitar pukul 15.00 WIB," kata seorang petugas polisi, Inspektur Satu, Yusuf Tri kepada VIVAnews, di Kantor Departemen Luar Negeri.

Petugas yang menjaga Gedung pimpinan Hassan Wirajuda ini merupakan gabungan dari Kepolisian Sektor Gambir dan Kepolisian Resor Jakarta Pusat. Polisi yang menjaga pintu gerbang utama melakukan pemeriksaan secara ketat. Mereka yang tidak memiliki kartu identitas, akan diminta turun dan jalan kaki untuk masuk ke dalam gedung Departemen Luar Negeri.

Persiapan juga terlihat di dalam komplek Departemen Luar Negeri. Gedung Pancasila yang merupakan bagian utama Gedung Departemen Luar Negeri terlihat sedang dibenahi. Persiapan akhir kebersihan dilakukan petugas mulai dari teras sampai bagian dalam Gedung Pancasila.

Tidak hanya itu, dua buah meriam yang berada tepat di depan Gedung Pancasila juga tak luput dari operasi kebersihan. Pintu detektor keamanan pun sudah dipasang di setiap akses masuk. Dalam penjagaan ini, personel Polri akan dibantu dengan petugas keamanan dari Amerika Serikat.