14 Juta Surat Suara Ditemukan Rusak di Bekasi

Sumber :

VIVAnews - Badan Pengawas Pemilihan Umum menemukan sekitar 14 juta surat suara yang diketahui cacat. Temuan surat suara yang berlubang sebesar jarum itu berada di daerah Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

"Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) bekasi menemukan surat suara berlubang jarum. Tapi saya tidak melihat sendiri, hanya berdasarkan laporan," kata Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum, Agustiani Tio, di Media Center Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat, 20 Februari 2009.

Menurut Agustiano, jumlah surat suara yang ditemukan cacat itu mencapai sekitar 14 juta surat suara. Laporan itu diterima Badan Pengawaas Pemilihan Umum dari Panitia Pengawas Pemilu Bekasi. Badan Pengawas akan menindaklanjuti temuan Panitia Pengawas Bekasi itu.

"Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) akan menyurati KPU (Komisi Pemilihan Umum) atas temuan itu," kata Agustiani. Kendati demikian, hingga kini Badan Pengawas belum juga melayangkan surat kepada Komisi Pemilu.

Dikhawatirkan temuan surat suara yang cacat itu bisa mengganggu proses pemungutan suara. Lubang sebesar jarum yang berada di dalam lembar surat suara itu dikhawatirkan mengakibatkan surat suara yang sudah dicetak itu tak lagi bisa dipakai.