Mencoba Berhenti Merokok?

Sumber :

VIVAnews -Usaha Anda untuk berhenti merokok patut diacungkan jempol. Salah satu yang harus Anda perhatikan, ada sejumlah kegiatan atau aktivitas yang mungkin membuat Anda ingin merokok lagi. Ingin mencoba melewatinya? Berikut tipsnya.

1. Selesai makan.
Ups, kebiasaan Anda dahulu selalu mengeluarkan sebatang rokok usai kegiatan yang satu ini. Anda harus segera bangun dari meja begitu Anda selesai makan dan mulai aktivitas yang menyenangkan Anda. Coba berjalan ringan atau memulai satu hobi yang baru.

2. Minum kopi.
Ubah cara Anda dalam minum kopi. Mulai dari tempatnya, mug kopi, semua hal yang akan mengingatkan Anda pada rokok. Anda bisa menunggu sampai Anda sampai kantor untuk mengopi. Tentu, ruangan ber-AC tidak memungkinkan Anda merokok.

3. Menelepon atau Ditelepon.
Gunakan telepon di ruang berbeda saat di rumah. Saat dikantor, mungkin Anda bisa bergeser dari spot di mana Anda biasa bertelepon dan merokok. Pegang sesuatu yang kecil yang mungkin bisa menjadi pengalih perhatian dari rokok.

4. Saat bekerja.
Daripada merokok, lebih baik Anda melanjutkan pekerjaan ke proyek baru. Coba melangkah beberapa meter atau membaca koran dan novel yang Anda sukai.

5. Selesai beradu argumen atau saat kecewa
Jika Anda masih marah, ambil langkah setapak di sekitar gedung.

6. Dalam mobil
Mobil merupakan salah satu tempat favorit merokok. Keluarkan asbak dari mobil Anda. Ganti dengan sepot bunga mungil atau secarik kertas yang bertuliskan alasan Anda berhenti merokok. Untuk mengalihkan ingatan Anda untuk merokok, musik favorit bisa menjadi pilihan. Anda bisa sambil ikut bernyanyi.