Australia Tunggu PP Tambang Mineral

Sumber :

VIVAnews - Sejumlah perusahaan tambang asal Australia tengah menunggu realisasi peraturan pemerintah sebagai pelaksanaan Undang-Undang Mineral Batu Bara Nomor 4 Tahun 2009.

"Perusahaan-perusahaan Australia sedang menunggu peraturan yang akan menjabarkan kebijakan operasional dari UU Mineral,"ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer di sela Ozmine Australia Exhibition Directory 2009 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa 24 Februari 2009.

Menurut dia, keberadaan peraturan pemerintah dapat diketahui apakah rezim UU Mineral saat ini dapat berkompetisi dengan aturan pertambangan dunia atau tidak. Sebab, setidaknya 100 perusahaan Australia yang bergerak di bidang teknologi dan jasa pertambangan beroperasi di Indonesia.

Pemerintah Australia tengah menyelenggarakan pameran dan konferensi pertambangan (Ozmine) ketiga di Indonesia. Promosi pertambangan internasional itu dilangsungkan di Grand Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, 24 - 25 Februari 2009.

Kehadiran Australia di OZMINE untuk menghimpun dua industri agar makin erat dan memupuk hubungan bisnis jangka panjang yang saling menguntungkan. Acara selama dua hari, menurut Bill, membuka kesempatan kepada industri Indonesia mengkaji ulang teknologi, peralatan, dan jasa pertambangan mutakhir guna meningkatkan efisiensi.