Diborong Parpol, Penjualan Mobil Melonjak

Sumber :

VIVAnews - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor memperkirakan penjulan kendaraan sepanjang Februari kembali naik di atas penjualan Januari 2009. Kenaikan penjualan ini tidak lepas dari pembelanjaan sejumlah partai politik menjelang Pemilihan Umum mendatang.

"Pemilu sudah mulai spending, ini membuat penjualan kendaraan meningkat," kata Ketua Umum Gaikindo Bambang Trisulo kepada VIVAnews, Selasa 10 Maret 2009.

Namun, dia tidak menyebutkan banyaknya penjualan kendaraan yang digunakan calon legeslatif maupun partai politik. "Tidak bisa spesifik dipilah-pilah, hanya tren itu bisa dilihat," katanya.

Selain itu, dia mengatakan tren kenaikan penjualan pada Februari juga dipicu oleh turunnya suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 7,7 persen. Sehingga membuat likuiditas membaik.

Turunnya harga minyak dunia juga menjadi ambilalih meningkatnya penjualan kendaraan. Sebab, kondisi ini membuat harga bahan bakar minyak lokal turun. "Ini tentu akan meringankan pemilik kendaraan," ujar Bambang.

Bambang juga mengatakan, sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek kendaraan yang mengeluarkan model baru juga turut menjadi faktor kenaikan penjualan.

Sekadar informasi, akibat krisis global penjualan kendaraan anjlok sejak Agustus 2008. Penjualan tertinggi bulanan sempat menyentuh 60 ribu kendaraan lebih pada Juli 2008. Angka itu berangsur turun terendah pada penjualan Januari 2009.

Penjualan kendaraan Januari turun 23 persen dibandingkan penjualan kendaraan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Penjualan kendaraan sepanjang Januari mencapai 31.634 unit.

Penjualan tertinggi masih diusung Toyota dengan total penjualan 12.498 unit, disusul Daihatsu 4.391 unit. Penjualan Suzuki menempati posisi ketiga dengan angka 4.267 unit. Sedangkan penjualan tertinggi berikutnya Mitsubishi 3.727 unit dan Honda 2.039.