Pesawat Berhasil Ditarik, Evakuasi Selesai

Sumber :

VIVAnews - Petugas evakuasi akhirnya berhasil menarik pesawat Lion Air yang tergelincir di landas pacu selatan Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat yang tergelincir Minggu (9/3) sore itu sedang ditarik menuju hanggar pesawat.

"Sebelum jam tiga harus sudah selesai," kata juru bicara Angkasa Pura II, Sutrisno, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Selasa, 10 Maret 2009.

Pantauan di lokasi kejadian, pesawat sepanjang lebih dari 20 meter itu sudah berhasil diangkat petugas. Roda bagian belakang pesawat sudah dilepas. Petugas pun menambahkan dolly atau roda tambahan di beberapa titik pesawat.

Kini, pesawat dengan nomor penerbangan JT-793 itu sudah berada di atas landas pacu dan sedang ditarik menuju hanggar pesawat. Pesawat yang mengangkut 168 penumpang itu harus sudah dievakuasi sebelum pukul 15.00 WIB.

Pesawat tergelincir saat baru mendarat dari Makassar di Jakarta sekitar pukul 16.45 WIB di Bandara Soekarno-Hatta. Cuaca buruk diduga menjadi penyebab utama tergelincirnya pesawat.

Roda belakang yang patah menyebabkan badan belakang pesawat menyentuh ke tanah. Sedangkan roda dan bagian depan pesawat masih berada di atas landas pacu. Hal inilah yang menyulitkan petugas untuk menarik pesawat.

Laporan: Nur Khafifah l ANTV-Tangerang