Hanya Prabowo yang Bisa Kalahkan Yudhoyono

Sumber :

VIVAnews - Serangkaian survei Reform Institute menunjukkan Susilo Bambang Yudhoyono sulit dikalahkan dalam Pemilihan Presiden. Menurut Direktur Reform Institute, Zaim Saidi, satu-satunya kompetitor yang potensial bisa mengalahkan Yudhoyono adalah Prabowo Subianto.

"Tokoh kuda hitam tetap Prabowo," kata Zaim dalam jumpa pers di kantor Reform Institute, Kompleks Liga Mas Indah Kavling D/3, Jakarta Selatan, Kamis 19 Maret 2009. "Bagaimanapun, apapun dinamika politiknya, tidak ada tokoh yang melampaui SBY."

Dalam survei terbaru Reform, Yudhoyono unggul telak 46,49 persen. Kemudian menyusul Megawati Soekarnoputri 13,06 persen, Prabowo Subianto 6,75 persen, Sri Sultan Hamengku Buwono X 4,53 persen dan Jusuf Kalla 4,29 persen.

Mengapa Prabowo menjadi kuda hitam? Zaim beralasan, Megawati ketika head-to-head dengan Yudhoyono bakal kalah karena sudah terbukti sebelumnya. Sementara Prabowo yang berada di urutan ketiga berpotensi menang melawan Yudhoyono karena mendapat limpahan dukungan dari pendukung Megawati dan yang lain.

"Jika Prabowo berhasil mendapat tiket untuk maju, maka dia akan maju menjadi kuda  hitam yang potensial dan bisa melawan incumbent di Pemilihan Presiden putaran II," kata Zaim.