NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Tangani Corona, Anggota DPR Minta Kepala Daerah Ikuti Kebijakan Pusat

Jumat, 27 Maret 2020 | 15:25 WIB
Oleh : Lis Yuliawati, Anwar Sadat,
Foto :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Ahmad Doli Kurnia

VIVAnews – Sejumlah pemerintah daerah menerapkan kebijakan masing-masing untuk menekan penularan virus Corona atau Covid-19. Salah satunya Pemerintah Kota Tegal yang menerapkan kebijakan local lockdown sampai 30 Juli 2020.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan dalam kondisi sekarang ini diperlukan koordinasi yang padu di seluruh lini. Kebijakan pusat dan daerah harus sejalan.

"Dalam menghadapi situasi seperti saat ini yang terpenting pertama adalah koordinasi antar seluruh lini.  Sebaiknya seluruh kepala daerah mengikuti instruksi dan kebijakan Pemerintah Pusat, terutama dengan Mendagri," kata Doli kepada wartawan, Jumat, 27 Maret 2020.

Doli mengatakan, koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah harus berjalan baik. Pemerintah daerah juga tak boleh mengambil sikap yang terburu-buru atau terkesan panik. "Jangan mengambil langkah-langkah sendiri, apalagi langkah yang terkesan panik. Kalau pemimpinnya panik, bagaimana nanti rakyatnya," kata Doli.

Doli menambahkan, yang menentukan bangsa ini bisa mengatasi pandemi virus Corona seperti saat ini, salah satunya adalah bagaimana semua elemen bersatu. Mulai dari pemerintah hingga masyarakat harus kompak, masyarakat juga diminta untuk menerapkan kedispilinan yang tinggi. "Disipilin untuk menjalankan seluruh instruksi pemerintah. Disiplin untuk tetap di rumah, tidak berada di kerumunan, jaga jarak, hidup bersih, dan sehatkan badan," kata Doli.

Pemerintah juga perlu bersikap tegas kepada masyarakat. "Oleh karena itu kita semua, khususnya pemerintah, untuk tidak bosan-bosan memberikan imbauan, ajakan, edukasi serta membangun kesadaran kepada masyarakat. Termasuk bersikap tegas kepada masyarakat yang masih melawan kebijakan pemerintah, demi kebaikan semuanya," ujarnya.

Topik Terkait
Terbaru