FIA Tunda Regulasi Baru Penentuan Juara

Sumber :

VIVAnews - Regualasi baru tetang sistem penentuan calon juara yang diusulkan oleh Federasi Olahraga Otomotif Dunia (FIA) akhirnya ditangguhkan. Peraturan yang mendapat banyak kritik dari pembalap F1 itu ditunda hingga 2010.

"Peraturan sistem penentuan juara ditunda hingga 2010. Tapi, saya yakin keputusan ini akan ditinjau ulang sebelum sepanjang musim ini dan baru diberlakukan setelah ada persetujuan dari tim," kata juru bicara FIA seperti dilansir Sportbox.tv, Minggu, 22 Maret 2009.

FIA sebelumnya telah melempar wacana untuk merubah aturan mengenai penentuan juara.  Menurut FIA, pembalap yang layak menyandang gelar juara adalah mereka yang paling banyak merebut gelar juara seri dalam satu musim.

Perhitungan poin baru digelar bila ada pembalap yang mengoleksi gelar juara seri yang sama. Aturan ini berbeda dari musim-musim sebelumnya. Sebab, posisi juara dalam setiap balapan biasanya ditentukan lewat perhitungan poin yang diraih masing-masing pembalap.

Dua figur kuat di F1, Fernando Alonso dan Lewis Hamilton sudah menyatakan keberatannya dengan sistem baru ini. Juara dunia tujuh kali, Micheael Schumacher juga memilih untuk tidak mendukung.

"Kami cukup terkejut karena tim telah berusaha sejauh ini dan kami terkesan karena mereka senang dengan perubahan," tandas juru bicara FIA tersebut.