Penundaan Sistem Baru Kecewakan Ecclestone

Sumber :

VIVAnews – Bos Formula 1 Bernie Ecclestone menyatakan kekecewaannya soal penundaan penerapan sistem baru dalam menentukan juara dunia 2009. Ia yakin sistem baru adalah sesuatu yang diinginkan para penggemar F1.

“Tentu saya kecewa. Jika Anda nonton atletik di nomor 100m, Anda tidak akan melirik pelari yang ada di urutan kedua. Anda hanya akan melihat sang juara,” kata Ecclestone dalam siaran BBC Radio 5.

Ecclestone sebelumnya telah memutuskan kalau juara dunia F1 2009 akan dilihat dari seberapa sering ia menjadi juara seri. Bukan dari berapa banyak poin yang ia koleksi. Perolehan poin baru digunakan jika ada dua atau lebih pembalap yang menjuarai seri sama banyaknya.

Namun karena banyak tim yang keberatan dengan sistem baru ini, Ecclestone melunak dan mengundurkan pemakaian perdana sistem baru ke musim 2010.

“Untuk melakukan perubahan saat pendaftaran pembalap telah ditutup, Anda harus mendapatkan dukungan penuh. Tapi sekarang ada beberapa tim yang tidak suka ide ini. Tadinya maksud peraturan baru adalah untuk memastikan semua pembalap bertarung untuk menang. Tidak untuk finish kedua atau ketiga hanya sekedar mengumpulkan poin,” kata Eccletone.