Hexindo Raih Kontrak Thiess US$30 Juta

Sumber :

VIVAnews - PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) berhasil meraih kontrak dari PT Thiess Contractors Indonesia senilai US$30 juta.

"Perseroan juga mendapatkan pesanan pengadaan alat berat dari KPC (PT Kaltim Prima Coal) senilai US$130 juta," kata Sekretaris Perusahaan Hexindo, Heri Akhyar, melalui pesan singkatnya kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa, 14 April 2009.  

Heri mengatakan, keberhasilan perseroan mendapatkan kedua proyek pengadaan alat berat tersebut difasilitasi oleh perusahaan afiliasi Hexindo yaitu PT Hitachi Finance. 

Sebelumnya, dirinya optimistis perseroan bisa mencapai hasil maksimal pada 2009. Pasalnya, secara proforma, kondisi perusahaan masih sehat dan Hexindo tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Meski demikian, Heri memperkirakan penurunan permintaan penjualan alat berat per unit hingga 50 persen pada 2009. Hal itu terutama disebabkan penurunan permintaan dari industri kehutanan dan perkebunan karena imbas krisis ekonomi global.

Namun, permintaan alat berat per unit pada sektor pertambangan berpotensi meningkat. "Perusahaan juga memperkirakan kenaikan 30 persen penjualan suku cadang dan pelayanan dibanding 2008," kata Heri.

Meski demikian, dia melanjutkan, pendapatan perseroan pada 2009 diprediksi meningkat dibanding 2008. Namun, manajemen Hexindo masih memperkirakan target pendapatan perseroan tersebut.