Mandiri Dongkrak Kredit Mikro Jadi Rp 4,2 T

Sumber :

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk berencana menaikkan kredit usaha mikro dari Rp 3 triliun pada 2008 menjadi Rp 4,2 triliun pada 2009.

"Tahun 2009, pemberian kredit mikro mencapai Rp 350 miliar setiap bulan," kata Direktur Micro & Retail Banking Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Selasa 21 April 2009.

Bank Mandiri menetapkan bunga kredit mikro sebesar 1,2 persen hingga 2 persen per bulan. Pemberian kredit mikro kepada nasabah rata-rata sebesar Rp 15 juta. Sementara jumlah nasabah mikro Bank Mandiri saat ini mencapai 300 ribu nasabah, dengan 20 ribu nasabah baru. 

Bank Mandiri juga akan menambah 400 outlet baru Micro Business Unit (MBU) sehingga menjadi 1.000 MBU di seluruh Indonesia. Bank Mandiri banyak memberikan kredit mikro ke sektor perdagangan.

Menurut Budi, makin maraknya bank bergerak di sektor mikro akan positif bagi perekonomian. Sektor mikro terbukti tidak goyah meski diterpa krisis. Selain itu semakin banyak yang bergerak di sektor mikro akan menambah peta persaingan sehingga bunga bank bisa menjadi turun.