Menkeu Bingung Banyak Sekolah Roboh

Sumber :

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku bingung dengan berita-berita sekolah runtuh. Padahal, anggaran khusus bagi konstruksi fisik dalam dana alokasi khusus untuk pendidikan setiap tahun mengalami kenaikan.

"Saya bingung anggaran khusus konstruksi meningkat, namun selalu ditemukan bangunan sekolah yang masih jelek, sekolah roboh," ujar Menkeu di Jakarta, Rabu, 22 April 2009. Pada tahun depan, anggaran untuk konstruksi sekolah sekitar Rp 9,3 triliun.

Dia pun membandingkan jaman sekarang dengan situasi saat pemerintah Orde Baru berkuasa. "Jaman Pak Harto dulu, tidak seperti itu."

Seharusnya, dengan perencanaan 4-5 tahun, masalah gedung sekolah itu semua bisa diselesaikan. Dengan demikian, dia menekankan tidak ada lagi ruang kelas sekolah bocor sampai bangunan roboh.

Apalagi, kondisi fisik bangunan ini yang dilihat oleh masyarakat.  "Harus ada sesuatu yang dijelaskan ke publik," ujarnya.

Situasi sekarang memang jauh berbeda dengan jaman Soeharto dimana jumlah media saat ini jauh lebih banyak. Banyak liputan-liputan tentang gedung sekolah roboh dan rusak yang disampaikan ke publik. Ini dinilai ironis dengan kebijakan pemerintah sudah mengalokasikan dana anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total anggaran.