Sidang ADB Dibuka SBY, Kapal Perang Siaga

Sumber :

VIVAnews - Kapal perang (KRI) Fatahila-361 milik TNI Angkatan Laut bersiaga tak jauh dari pantai Nusa Dua Bali menjelang kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di sidang tahunan Bank Pembangunan Asia.

Presiden Yudhoyono bersama Presiden ADB Haruhiko Kuroda dijadwalkan akan membuka sidang tahunan ADB di Bali pada Senin besok, 4 Mei 2009. Ini adalah untuk kedua kalinya dalam sejarah, Indonesia menjadi tuan rumah sidang tahunan ADB.

Dari pantai Nusa Dua, kapal tersebut terlihat bersiaga penuh menjaga sidang tahunan yang dihadiri oleh lebih dari 3000 orang dari 63 negara anggota.

"Kapal ini memantau keamanan sidang dari laut," ujar seorang tentara saat ditemui di bibir pantai Nusa Dua, 2 Mei 2009.

Menurut sejumlah anggota TNI yang berjaga-jaga di bibir pantai, kapal perang tersebut mulai terlihat sejak Sabtu pagi. Kapal didatangkan dari pusat Komando Armada RI Kawasan Timur Indonesia yang bermarkas di Surabaya.

Selain kapal perang, pengawalan sidang juga dipantau dari langit. Tentara dari Batalyon 900 Raider Singaraja, Bali juga mengungkapkan helikopter TNI secara rutin mengitari langit beberapa kali dalam sehari di sekitar Hotel Westin, tempat diselenggarakan sidang ADB.

Di darat, pengawalan juga sangat ketat. Tak sembarang orang bisa masuk. Peserta yang bisa mengikuti jalannya sidang ADB, hanya memiliki identitas peserta. Setiap kendaraan yang masuk juga diperiksa dengan alat detektor bahan peledak.

Selain dibuka oleh Yudhoyono, sidang ini memang cukup strategis dihadiri para pejabat tinggi Asia dan Pasifik untuk membahas penanganan kemiskinan dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di kawasan ini.

Para peserta terdiri atas Menteri Keuangan, pejabat senior pemerintah dan para pemimpin bisnis, akademisi, media dan wakil organisasi internasional, serta masyarakat sipil.

Sejumlah isu penting yang akan dibahas adalah kemajuan yang dicapai ADB dalam mencapai tujuan strategi jangka panjang 2020 yang diadopsi pada sidang tahunan ADB di Madrid, Spanyol pada 2008.

Acara pembukaan resmi akan dilakukan pada 4 Mei dan ditutup pada 5 Mei 2009.