NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Gerindra Masuk Kabinet, Nasdem: Pasti Banyak Pertimbangan

Senin, 21 Oktober 2019 | 22:04 WIB
Oleh : Dusep Malik, Lilis Khalisotussurur,
Foto :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur
Sekjen Nasdem, Johnny G Plate.

VIVAnews – Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny Plate, meyakini ada banyak pertimbangan soal masuknya Partai Gerindra dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Tapi soal kabinet, ia menyerahkannya pada Jokowi.

"Pelebaran koalisi itu betul-betul kewenangan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf, presiden dan wakil presiden kita sekarang ini. Kita tunggu saja, pasti ada pertimbangan-pertimbangan, banyak sekali pertimbangan," kata Johnny di kompleks parlemen, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Ia menambahkan, di antara pertimbangan pasti terkait dengan visi dan misi presiden serta programnya. Hal itu perlu diterapkan dengan baik agar menjadi kabinet yang efektif, terkoordinasi dengan baik, dan untuk meningkatkan kinerjanya.

"Kalau ada pertimbangan pelebaran kabinet itulah acuannya. Visi dan misi dilaksanakan dengan baik, solidaritas kabinet terjaga dengan baik, koordinasi di antara portofolio kabinet juga dilakukan dengan baik dan diharapkan tentu peningkatan kinerja," kata Johnny.

Ia menegaskan, Nasdem dari awal menghargai hak prerogatif presiden tidak saja dalam tatanan normatif, tapi dalam tataran komitmen politik. Sebab, memang sudah tugasnya memenangkan pasangan calon dan mengawal kebijakan pemerintahan.

"Tentu hasil akhirnya adalah hasil akhir yang baik. Karena keberhasilan kabinet itu adalah keberhasilan bersama-sama dengan presiden, tapi kalau gagalnya kabinet ya itu gagalnya kami partai koalisi. Keberhasilan kabinet itu yang ditunggu segenap warga bangsa kita," kata Johnny. (ase)

Topik Terkait
Terbaru