Nvidia Kaji Ulang Desain VGAnya

Sumber :

Meski Nvidia dituduh melakukan rebranding terhadap chip VGA-nya lebih dari sekali, sejumlah sumber menyebutkan bahwa perusahaan itu sedang mengerjakan kartu grafis jajaran terbaru yang sangat berbeda dengan produk yang saat ini beredar di pasaran.

Menurut sumber yang menyatakan pada Fudzilla, 16 Januari 2009 menyatakan bahwa kartu grafis Nvidia yang akan datang akan tampak sangat berbeda. Bagi mereka yang sudah berkutat dengan industri VGA beberapa tahun lalu, mungkin bisa menjadi seperti kenangan lama yang hadir kembali. Seperti layaknya Intel yang melihat kembali ke teknologi Pentium III mereka untuk mendesain prosesor seri Core 2 Duo, Nvidia pun melakukan hal yang sama dengan menyimak kembali apa yang sudah mereka lakukan di masa lalu.

Ini bisa berarti bahwa pengguna akan melihat Nvidia meuncurkan VGA baru dengan desain PCB yang serderhana dengan komponen yang lebih sedikit pada board. 

Tidak saja langkah tersebut dapat menghemat biaya produksi karena bahan bakunya menjadi lebih sedikit, tetapi juga memudahkan kartu grafis untuk didinginkan karena memiliki komponen penghasil panas yang lebih sedikit dan cukup didinginkan dengan pendingin sederhana. Sayangnya sumber tidak menyebutkan apakah langkah Nvidia di atas berlaku untuk seluruh jajaran kartu VGA mereka, atau terbatas hanya pada kartu grafis tertentu, misalnya model entry level yang terjangkau.