Mereka Cuma Tahu Nama, Tapi Tidak Sejarahnya

Sumber :

VIVAnews - Sebagai tokoh Betawi, Ridwan Saidi sangat prihatin banyak warga Jakarta yang tidak tahu tentang asal usul nama tempat di Jakarta.

"Kita tahu di Jakarta ada Jalan Semanggi, Tanah Abang, Kedoya, dan sebagainya. Tapi tidak banyak yang mengetahui asal sejarahnya, kata pria yang lahir di Sawah Besar, Jakarta Pusat 66 tahun lalu.

Dalam pandangannya, generasi sekarang harus paham asal-usul nama tempat di Jakarta .  Dengen begitu generasi baru ini masih mempunyai akar kebudayaan.

Ridwan paham  betul terhadap asal-usul nama sejumlah tempat di Jakarta. Menurutnya, nama tempat di Jakarta dipengaruhi flora, kontur tanah dan geometri.

“Jangan lihat Jakarta setelah ada gedung bertingkat, lihat sebelum itu," ujar budayawan Betawi ini saat berbincang dengan VIVAnews di rumahnya, Jalan Merak IV/31 Blok N3, Bintaro Sektor I, Jakarta Selatan.

Menurut lulusan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia ini, sebagian besar nama daerah di Jakarta diberi nama sesuai nama flora, kontur tanah dan geometri. "Dulu mereka memberi nama tempat sesuai dengan pohon yang paling dominan," terang mantan anggota DPR dari FPPP.

Agar budaya Betawi baru dapat ditumbuhkan, Ridwan mengusulkan agar di setiap daerah ditanami pohon atau tumbuhan yang menjadi nama suatu daerah. Di Semanggi misalnya. Di sudut tertentu di sekitar Semanggi ada tanaman itu.

"Saya tidak menyuruh mengembalikan lagi hutan, juga bukan nostalgia. Ini agar orang mengerti," katanya.