Penjualan PC Turun, Mac Naik

Sumber :

VIVAnews -- Apple melaporkan peningkatan penjualan Macintosh mereka sebesar 9 persen dari tahun sebelumnya.

Di kuartal akhir 2008 atau kuartal pertama tahun fiskal Apple, penjualan Macintosh mencapai 2,52 juta unit. Angka tersebut memang turun 3 persen dibanding kuartal sebelumnya, namun mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

“Peningkatan penjualan dan pendapatan yang berada di atas prediksi pasar, membuat Apple seperti kebal terhadap kondisi ekonomi global,” ujar Richard Davenport, analis dari Connexiti, perusahaan pengamat supply chain dan riset pasar.

“Meski laporan Apple merupakan kabar gembira bagi investornya, tetapi secara keseluruhan, kondisi pasar tidak menguntungkan, terutama bagi kompetitornya,” tambah Davenport.

Menurut data IDC yang diungkap Apple Insider baru-baru ini, pasar PC global sedikit menurun dibandingkan tahun sebelumnya, membuat pertumbuhan Apple sebesar 9 persen tersebut terlihat sebagai sebuah kisah sukses.

Pertumbuhan pendapatan Apple sebesar 4,4 persen di kuartal yang lalu juga di luar perkiraan. Total, Apple membuat rekor pendapatan baru yakni 10,167 miliar dolar AS, melampaui perkiraan analis yang hanya 9,742 miliar dolar AS.

Pertumbuhan per kuartal Apple, yang mencapai 28,8% sebagian besar diperkirakan berasal dari jajaran produk iPhone.

Dell dan HP yang kini merupakan produsen PC dengan pasar terbesar, akan mengalami penurunan penjualan akibat turunnya daya beli korporasi ataupun institusi pemerintahan. Apalagi, produsen-produsen PC tak memiliki pelanggan setia seperti pengguna Apple yang sangat setia dengan Macintosh.

Menghadapi kondisi pasar yang sulit, Apple juga masih menyiapkan beberapa senjata rahasia. Perusahaan itu masih punya komputer desktop iMac dan produk Mac mini berharga terjangkau yang siap beredar.

Apple juga masih memiliki Mac OS X Snow Leopard yang rencananya akan edar tahun ini. Saat peluncurannya nanti, diperkirakan sistem operasi terbaru itu dapat mengatrol penjualan hardwarenya.

Sistem operasi Microsoft terbaru, yakni Windows 7 memang bisa menjadi faktor pemicu penjualan PC. Tetapi, sampai saat ini belum ada kepastian apakah sistem operasi itu akan dapat berjalan di netbook. Padahal, penjualan netbook merupakan satu-satunya segmen yang mendongkrak penjualan PC secara keseluruhan.