NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Induk Mbah Google Capai Valuasi $1 Triliun, Facebook Siap Nyusul

Jumat, 17 Januari 2020 | 19:18 WIB
Foto :
  • wartaekonomi
(FOTO: Unsplash/Rajeshwar Bachu)

Perusahaan induk Google, Alphabet Inc sekarang adalah perusahaan AS keempat yang mencapai nilai valuasi US$1 triliun dilansir dari The Verge, Jumat (17/1/2020). Alphabet mencapai angka ini tepat sebelum pasar tutup pada Kamis, mengakhiri perdagangan hari ini di US$1,451.70 per saham, naik 0,87 persen.

CEO Google Sundar Pichai mengambil alih sebagai CEO Alphabet pada Desember, setelah pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin melepaskan kendali atas Alphabet. Sudah beberapa tahun di perusahaan terjadi gelombang yang mencakup tuduhan pelanggaran seksual oleh eksekutif dan 20.000 orang karyawan Google walkout.

Alphabet dijadwalkan melaporkan pendapatan kuartal keempat pada 3 Februari, dan analis Wall Street memperkirakan laporan pendapatan sebesar US$46,9 miliar, yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun hampir 20 persen.

Apple adalah perusahaan AS pertama yang mencapai batas US$1 triliun pada 2018, diikuti kemudian tahun itu oleh Amazon (yang sejak itu turun di bawah angka itu), dan Microsoft mencapai angka US$1 triliun pada April 2019.

Perusahaan pertama yang mencapai US$1 triliun dari valuasi (secara singkat) adalah PetroChina pada 2007. Dan akhir tahun lalu, Saudi Aramco menjadi perusahaan US$2 triliun pertama, tak lama setelah debutnya di Bursa Efek Riyadh pada Desember.

Perusahaan triliun dolar masih di antara perusahaan paling menguntungkan di dunia tahun lalu, menurut Fortune, adalah Saudi Aramco di bagian atas daftar, Apple kedua, dan Alphabet ke-7.

Perusahaan berikutnya yang diperkirakan akan mencapai nilai valuasi US$1 triliun adalah Facebook, yang pada bel penutupan Kamis, berada di sekitar US$620 miliar.

Topik Terkait
Terbaru