AMD Demokan Prosesor 6 Core

Sumber :

VIVAnews - Advanced Micro Devices mendemonstrasikan prosesor pertamanya yang menggunakan enam buah core di dalam satu unit prosesor. Adapun produk itu dibidik untuk menggantikan chip quad core di pasar high end server akhir tahun 2009.

Demonstrasi yang dilakukan menunjukkan kemampuan AMD untuk membuat prosesor berteknologi tersebut dan meyakinkan pelanggan AMD bahwa chip prosesor itu kompatibel dengan infrastruktur yang ada saat ini.

Prosesor enam core Opteron AMD yang diberi kode nama Istanbul itu memiliki L2 cache berukuran 6MB, mendukung kontroler memori dual kanal DDR2 serta kompatibel dengan soket F yang saat ini sudah digunakan pada server berbasis AMD. 

Dibandingkan pendahulunya, perbedaan yang signifikan selain penambahan jumlah core adalah fitur HyperTransport Assist. Cara kerjanya serupa dengan chip Intel Xeon kelas atas yakni menjaga keselarasan lalu-lintas cache di antara dua soket prosesor agar tidak mengganggu jalur eksternal.

Keputusan penggunaan soket F atau soket 1207 memungkinkan server generasi terkini dapat langsung diupgrade menggunakan prosesor terbaru tanpa perlu menukar motherboard. Artinya, pemilik server dapat meningkatkan performa per watt sistemnya tanpa perlu investasi yang besar.

Chip prosesor enam core ini dihadirkan AMD sebelum mereka menggelar prosesor octa-core atau yang memiliki delapan core prosesor di dalamnya. rencananya, prosesor octa core dengan kode nama Montreal yang ditujukan untuk platform server generasi ketiga akan hadir di paruh kedua 2009.

Di paruh pertama 2010, AMD akan menghadirkan update prosesor 6 core-nya dengan seri Sao Paulo dan memunculkan prosesor 12 core yang memiliki L3 cache sebesar 12MB. Pada prosesor juga akan tersedia kontroler memori DDR3 dan akan memanfaatkan platform AMD Opteron generasi ketiga menggunakan soket G34. Prosesor 12 core dengan kode nama Maranello itu akan dipadankan dengan chipset AMD 890 dan dibuat dengan proses teknologi 45 nanometer yang berbeda.