HP dan Foxconn Akan Dirikan Pabrik

Sumber :

VIVAnews - Hewlett Packard, produsen pemasok PC global dan Foxconn Electronics, produsen komponen elektronik dan komputer sepakat untuk membangun pabrik bersama-sama. Rencananya, pabrik itu akan mengambil tempat di Turki dan akan menangani pasar Eropa dan Timur Tengah. Jika terealisasi, pabrik ini akan menjadi pabrik kedua yang dimiliki bersama oleh kedua perusahaan.

Menurut informasi Taiwan Economic News, seperti VIVAnews kutip 27 Februari 2009, Foxconn Electronics berencana untuk investasi sebesar 60 juta dolar AS. Rencana tersebut mengindikasikan bahwa pabrik itu nantinya akan memiliki kapasitas manufaktur yang besar.

Pertengahan 2007 lalu, kedua perusahaan sepakat membangun pabrik perakitan komputer di Saint Petersburg, Rusia. Pabrik itu memiliki luas sekitar 60 ribu meter persegi dan mempekerjakan sekitar 5 ribu karyawan. Dilaporkan, pabrik di kawasan industri Rusia tersebut mampu menghasilkan 40 ribu unit komputer per bulan.

Kolaborasi antara Foxconn Electronics dan Hewlett Packard akan memperkuat posisi HP sebagai produsen PC terbesar di kawasan tersebut, meninggalkan kompetitornya seperti Acer dan Dell yang belakangan ini cukup agresif. Meski begitu, pabrik di Rusia dan Turki tidak akan bisa seefisien pabrik yang bertempat di kawasan Asia Tenggara yang memiliki tingkat upah pekerja yang lebih rendah dan juga sudah memiliki industri komponen sendiri sehingga tidak perlu melakukan impor khusus.

Belum ada informasi lebih lanjut dari Foxconn dan HP seputar pendirian pabrik PC di Turki tersebut. Tetapi mengingat resesi ekonomi global yang masih berlanjut, tampaknya kalaupun jadi didirikan, pabrik tersebut baru akan beroperasi penuh setelah kondisi ekonomi membaik.