Pesta Gol di Setengah Lapangan

Sumber :

VIVAnews - Timnas Singapura rupanya masih terlalu kuat bagi Kamboja. Tim Negara Singa itu berhasil melumat Kamboja lima gol tanpa balas di partai pembuka Grup A Piala AFF, Jumat, 5 Desember 2008.

Partai yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu memang terlihat tidak seimbang. Di babak pertama, Singapura terus mengurung pertahan Kamboja yang digalang Kim Chanburith cs.

Namun, beberapa peluang yang dibuat tim besutan Radojko Avramovic itu selalu gagal membuahkan hasil. Serangan demi serangan yang dibangun tiga pemain naturalisasi: Shi Jiayi, Alexsandar Duric dan Agu Casmir selalu gagal membuahkan hasil.

Rapatnya pertahanan yang dibangun Chanburith cs dan permainan gemilang kiper Samreth Seiha sempat membuat frustasi lini depan Singapura. Peluang terbaik Singapura dibuat Alexander Duric di menit 33.

Berawal dari kemelut di depan gawang Seiha, Mustafic Fachrudin berhasil melepaskan tendangan di dalam kotak penalti. Sayangnya, tendangannya masih membentur bek kamboja.

Di menit 42, Duric sebenarnya bisa membuat unggul Singapura. Sayangnya, gol striker kelahiran Serbia itu dianulir wasit karena Duric dalam posisi offside.

Memasuki menit 45, kedudukan sepertinya tidak akan berubah 0-0. Namun, keperawanan gawang Kamboja akhirnya jebol oleh Agu Casmir yang mencetak gol setelah tandukan Duric sempat membentur tiang.

Memasuki babak kedua, Singapura tetap mengurung pertahanan Kamboja. Tim besutan Prak Sovannara itu seakan sulit keluar dari tekanan Shi Jiayi cs. Dan pesta gol Singapura dimulai.

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan gelandang Kamboja, Chan Rithy, terhadap Ridhuan Muhammad di menit 61, wasit akhirnya menunjuk titik putih. Mustafic berhasil mengeksekusi penalti. 2-0 untuk Singapura.

Sembilan menit kemudian, giliran Indra Sahdan Daud yang berhasil mempecundangi Seiha. Tendangan keras Indra dari luar kotak penalti gagal diamankan Seiha.

Ketinggalan tiga gol semakin membuat moral tim Kamboja ambruk. Terbukti, satu menit setelah gol Indra, Casmir berhasil mencetak gol kedua dan membuat Singapura unggul 4-0.

Kamboja baru bisa bermain lepas menjelang pertandingan usai. Namun, serangan balik yang diperagakan Sam El Nasa cs tak berhasil membuat kiper Lionel Lewis kerepotan. Bahkan, Noh Alam Shah berhasil menutup pesta gol Singapura di menit 45. Kedudukan akhir 5-0 buat Singapura.

Dengan kemenangan ini, Singapura untuk sementara memuncaki klasemen Grup A dengan tiga poin. Di pertandingan selanjutnya, timnas Indonesia akan coba melewati hadangan Myanmar.