Pencarian Terakhir Libatkan Keluarga Korban

Sumber :

VIVAnews - Pencarian korban KM Teratai Prima rencananya hari ini akan berakhir. Namun, sebelum ditutup secara resmi, tim SAR akan melibatkan seluruh keluarga korban, yang selama ini hanya menunggu di posko pencarian korban di pelabuhan Parepare.

"Sudah lebih dari 150 orang dari keluarga korban yang didata hingga tadi pagi. Mereka akan menggunakan 4 kapal yang selama ini aktif mencari korban," kata Kolonel Laut (P) Jaka Santosa, Ketua SAR Mission Coordinator (SMC) KM Teratai Prima, yang dihubungi dari Makassar.

Keempat kapal tersebut adalah KRI Untung Suropati milik TNI AL, KN. Alugoro milik KPLP, KN. Mengkara dan KP. Belibis dari Polair Sulsel.

Kolonel laut Jaka juga mengatakan, mereka melibatkan keluarga korban untuk mengetahui secara langsung proses pencarian yang mereka lakukan selama ini. Apalagi tidak sedikit dari keluarga memprotes dan menganggap tim lambat melakukan pencarian.

"Biar mereka tahu langsung gimana kesulitan yang dihadapi selama pencarian. Kami juga ingin menyampaikan, bahwa kami sangat serius dan berusaha mendapatkan korban," ujarnya kepada VIVAnews, Selasa, 20 Januari 2009.

Pelibatan keluarga korban, tambah Jaka, terkait agenda tabur bunga yang akan dilakukan ditengah laut nanti. Dengan tabur bunga itu, Ia berharap, agar seluruh keluarga korban bisa melepas anggota keluarga mereka.

Proses pencarian akan dilakukan dititik yang dicurigai tempat tenggelamnya kapal tersebut. Yakni di posisi 03.37.00 lintang Selatan dan 118.47.00 bjur Timur, atau sekitar 60 mil dari pantai Parepare.

Seperti diketahui, hingga hari ke-10 tenggelamnya KM Teratai Prima, tim SAR hanya berhasil menemukan 43 korban, 35 selamat dan 8 lainnya meninggal. Sementara lebih dari 200 orang, diduga karam bersama kapal tersebut.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar