NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Menteri PUPR Pastikan Tol Layang Jakarta-Cikampek Siap Diresmikan

Selasa, 10 Desember 2019 | 23:52 WIB
Oleh : Hardani Triyoga, Dinia Adrianjara,
Foto :
  • Cahyo Edi/VIVA.co.id
Menteri PUPr Basuki Hadimuldjono.

VIVAnews – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek sudah siap untuk diresmikan. Hal ini diungkapkan Basuki setelah meninjau langsung proyek pengerjaan tol layang tersebut malam ini.

"Kalau memang presiden akan meresmikan tanggal 12 Desember, kita siap. Ini bukan dipaksakan tapi memang sudah selesai di-smoothing (dihaluskan)," kata Basuki kepada wartawan usai meninjau lokasi tol layang, Selasa malam, 10 Desember 2019. 

Basuki mengatakan, saat meninjau tol layang yang memiliki panjang 36 kilometer tersebut, terdapat 26 expansion joint yang harus diperbaiki. Perbaikan ini agar pengendara yang menggunakan tol layang lebih nyaman.

"Jadi, ada 26 expansion joint yang masih harus kita sempurnakan. Ini bukan soal konstruksi, tapi soal keamanan hanya karena sambungannya sedikit enggak mulus. Jadi, kita kerok lagi, kita buat mulus," ujar Basuki.

Pihaknya mengupayakan agar penyempurnaan tol layang tersebut bisa dirampungkan besok sore, sehingga bisa diresmikan secara langsung oleh presiden tanggal 12 nanti. 

"Jadi, besok pagi saya akan lapor kepada Kasetpres, insya Allah sudah bisa diresmikan," jelasnya.

Basuki mengatakan tol layang tersebut baru bisa dilalui oleh publik sekitar 3-5 hari setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi, mengingat masih ada rambu-rambu dan peralatan konstruksi yang harus dibersihkan di sepanjang jalan tol tersebut. (ase)

Topik Terkait
Terbaru