NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Intip Tol Layang Wiyoto Wiyono, Terpanjang Kedua Setelah Japek II

Jumat, 13 Desember 2019 | 12:52 WIB
Oleh : Daurina Lestari,
Foto :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim
Tol Wiyoto Wiyono.

VIVAnews – Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II elevated tercatat menjadi jalan tol layang terpanjang di Indonesia saat ini. Panjang jalan tol layang ini mencapai 36,4 kilometer. 

Sebelumnya, rekor jalan tol layang terpanjang dipegang oleh jalan tol layang Wiyoto Wiyono dengan panjang, lebih kurang 16 kilometer. Jalan tol Wiyoto Wiyono merupakan jalan tol layang pertama di Indonesia, yang dibangun pada pertengahan 1987.

Jalan tol terusan Jagorawi ini menghubungkan Cawang dengan Tanjung Priok. Tol ini diresmikan pada 10 Maret 1990 oleh Presiden Soeharto. 

Wiyoto Wiyono adalah orang di balik pembangunan sejumlah jalan layang di Ibu Kota, termasuk tol layang Cawang-Priok. Pada pertengahan April 1979, Wiyoto adalah orang yang melontarkan perlunya pembangunan jalan layang untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

Jalan tol layang kini menjadi alternatif pemerintah untuk mengurai kemacetan di jalan tol akibat semakin tingginya pertumbuhan kendaraan. Kamis 12 Desember 2019, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek II elevated. 

Pembangun jalan tol yang memakan biaya Rp11,69 triliun ini dimulai dari Simpang Susun Cikunir KM 9 hingga gerbang tol Karawang Barat KM 48. Jalan tol ini bisa dilalui kendaraan mulai Jumat 20 Desember 2019. 

Jalan ini hanya bisa dilintasi kendaraan golongan I non bus dan truk dengan tinggi maksimal 2,1 meter. Pengendara maksimal hanya boleh memacu kendaraan 70 Km/Jam.

Pemerintah masih belum menerapkan besarnya tarif jika ingin melintasi jalan tol layang tersebut. Untuk libur Natal dan Tahun Baru, jalan ini masih digratiskan.

Topik Terkait
Terbaru