Sajian Favorit Imlek Olga Lydia

Sumber :

Semarak Imlek juga sudah dirasakan model dan bintang film, Olga  Lidya. Kendati ayahnya keturunan China totok, sedangkan sang ibu dari suku Hokkian, tapi ia mengaku keluarganya tak lagi terlampau ketat menjalani tradisi-tradisi China. Tapi, di hari Imlek lain lagi ceritanya.

“Keluarga saya selalu mengadakan acara jamuan makan tiap malam imlek. Sesuai tradisi, menu ilmek menduduki porsi penting. Salah satu jenis menu yang harus selalu ada adalah ikan, yang merupakan simbol kesehatan. Sajian ikan buatan ibu ini adalah hidangan favorit saya,” ujar salah seorang pemain film Ekskul ini.

Yang unik, menurut Lidya, jika ada kerabat yang datang maka jenis makanan yang dihidangkan pun berumus n-1, artinya jumlah orang yang hadir dikurangi 1. Jadi, jika ada 10 orang yang turut dalam jamuan makan, maka ada 9 macam jenis makanan yang dihidangkan.
“Sebenarnya, saya tidak mengerti maksudnya. Jika bertanya pada ayah, ia hanya menjawab kebiasaan ini sudah tradisi,” ujarnya.  

Tapi, berdasarkan daerah asalnya, Tionghoa, Olga paling tertarik pada dunia feng shui. “Percaya atau tidak percaya, hal-hal demikian ada benarnya juga. Letak tempat tidur contohnya, menurut feng shui, posisi tempat tidur tidak boleh berhadapan dengan pintu. Katanya bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Dari pada sakit, saya praktekkan saja di rumah,“ katanya tersenyum.