NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Mantan Presiden Bank Dunia Kucurkan Investasi di Indonesia

Jumat, 13 Desember 2019 | 14:24 WIB
Oleh : Dedy Priatmojo, Agus Rahmat,
Foto :
  • Agus Rahmat/VIVA
Jim Yong Kim (tengah) saat berstatus Presiden Bank Dunia ketika bertemu Presiden Jokowi di Jakarta beberapa waktu silam.

VIVAnews – Mantan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim hari ini ke Jakarta menemui Presiden Joko Widodo. Dia datang untuk menyampaikan keinginannya menanamkan modal investasi di sejumlah proyek Tanah Air.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang turut mendampingi mengatakan, bahwa Kim setuju untuk menggelontorkan dananya untuk investasi di beberapa daerah.

"Di tiga tempat, dan Presiden sudah setuju tadi, yaitu di hydropower di Kalimantan Utara, kemudian di airport untuk manajemen airport, dan juga kemudian transmisi. Supaya manajemen transmisi itu lebih baik. Kita berharap tahun depan mereka mulai masuk," kata Luhut, di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Berapa nilai investasinya, Luhut tidak mau menyebutkan. Namun ia meyakinkan, bahwa nilainya cukup besar. Sehingga, Presiden Jokowi sendiri meminta agar difasilitasi sehingga bisa langsung menanamkan investasi tanpa hambatan.

"Presiden tadi kasih instruksi supaya kita langsung go ahead, karena Presiden sama Jim Yong Kim adalah teman baik," kata politisi senior Partai Golkar itu.

Untuk hydropower di Kalimantan Utara berkapasitas 9.000 megawatt (MW). Pihak pemerintah provinsi Kalimantan Utara sendiri, sudah menyiapkan sejumlah sungai untuk pembangkit hydropower. Seperti sungai-sungai besar yang ada di kabupaten Nunukan dengan sumber air Sembakung. Adapun potensi 500 MW.

Kemudian Sungai Kayan yang terletak di Kabupaten Bulungan. Diperkirakan, potensi yang bisa dihasilkan sebesar 9.000 MW. Lalu Sungai Kentaran yang terletak di Kabupaten Malinau, potensi mencapai 7.600 MW. (ren)

Topik Terkait
Terbaru