NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Terkuak, Garuda Sebut Dua Pesawat Hampir Adu Banteng karena Pilot

Jumat, 13 Desember 2019 | 19:20 WIB
Oleh : Raden Jihad Akbar, Sherly (Tangerang),
Foto :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Pesawat Maskapai Garuda Indonesia.

VIVAnews – PT Garuda Indonesia Tbk menanggapi adanya insiden dua pesawat miliknya yang nyaris adu banteng di taxiway Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Tumpal M Hutapea menjelaskan, kejadian tersebut disebabkan oleh penerimaan komunikasi yang kurang baik. Hal itu terjadi karena cuaca yang buruk saat itu.

"Kejadian itu karena pilot tidak menerima komunikasi dengan baik, lantaran ketika pesawat mendarat di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, cuaca di kawasan setempat sedang buruk," ujar Tumpal dikutip dari keterangannya, Jumat, 13 Desember 2019.

Ia juga menjelaskan, saat itu pesawat Garuda Indonesia Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan GA 649 rute Ternate-Jakarta dengan jadwal keberangkatan pukul 08.15 WIB yang sempat mengalami salah belok di taxiway melaju dengan pelan. Hingga akhirnya pesawat tersebut saling berhadapan dengan pesawat lainnya yaitu GA 264 dengan rute Jakarta-Banyuwangi yang dijadwalkan berangkat pukul 10.20 WIB. 

"Perlu kiranya kami sampaikan, pesawat sedang berjalan dengan kecepatan rendah di taxiway. Adapun pesawat dengan nomor registrasi PK-GMH tersebut telah ditarik mundur dengan menggunakan pushback car," ujarnya.

Ditambahkannya, 157 penumpang beserta tujuh orang awak kabin yang berada di pesawat dengan nomor penerbangan GA649 tersebut selamat dan keluar dari pesawat secara normal.

Pihaknya pun memohon maaf atas ketidaknyamanan dan keterlambatan yang dialami oleh penumpang. Garuda Indonesia pun tengah melakukan penyelidikan lebih mendalam kejadian tersebut dan ke depannya akan menjadi bahan evaluasi lebih lanjut.

Topik Terkait
Terbaru